Mahasiswa Politeknik Negeri Bali Tingkatkan Kualitas UMKM Desa Tibubeneng

Teknologi

KataJatim.com , KUTA – Dipimpin langsung oleh sang direktur Gede Bimbi Sanjaya, belasan mahasiswa dan mahasiswi RPL Management Bisnis Pariwisata, Politeknik Negeri Bali, yang berlokasi di Jalan Kampus Unud, Bukit Jimbaran, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, berupaya meningkatkan kualitas UMKM di Desa Tibubeneng, Kuta Utara, Kabupaten Badung.

Hal ini adalah kegiatan pengabdian masyarakat sebagai perwujudan dari salah satu bagian “Tri Dharma Perguruan Tinggi” yaitu pengabdian kepada masyarakat dan merupakan kegiatan wajib yang dikenal dengan istilah Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN PPM). Mereka berinisiatif melakukan workshop tentang “Pelatihan Kewirausahaan dan Pemasaran Produk dalam Inovasi UMKM di Desa Tibubeneng” pada Selasa (2/5/2023) lalu di Kantor Desa Tibubeneng, yang dihadiri lebih dari 30 pelaku UMKM binaan Bumdes Tibubeneng.

Didukung oleh beberapa industri pariwisata dari beberapa hotel juga vendor seperti, Kantor Desa Tibubeneng, Bumdes Tibubeneng, Dinas Pariwisata Provinsi Bali, Grabfood, Swarga Suites Bali Berawa, Raffles Bali, Maison AT C Boutique Hotel and Spa Seminyak, Mercure Hotel Bali Legian, Movenpick Resort & Spa Jimbaran, Grand Ixora Kuta, Fame Hotel Sunset Road, Sanur Art Villa, Giri Bhagawan Villa Nusa Dua, Grab Food, Alva Water, dan Squeeze Juice.

“Acara ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan “sharing best practice” tentang kewirausahaan juga pemasaran produk agar dapat diterima oleh pasar dan berkelanjutan dengan baik dari sisi bisnis UMKM. Sebelumnya, para mahasiswa melakukan beberapa observasi secara intensif dan wawancara terkait kendala yang dialami pelaku UMKN,” ujar Gede Bimbi Sanjaya, seraya menuturkan, pihaknya juga melakukan persembahyangan bersama di Pura Prancak, Desa Tibubeneng dan kerja bakti di area workshop kegiatan, serta “coaching clinic UMKM”.

Kegiatan ini diapresiasi Perbekel Tibubeneng Made Kamajaya, SE, Kepala Jurusan Pariwisata Politeknik Negeri Bali Prof Ni Made Ernawati, MATM, PhD, Kaprodi Management Bisnis Parisisata Politeknik Negeri Bali Dra Ni Nyoman Triyuni, MM, dan Gusti Agung Ngurah Darma Suyasa (Pembimbing UMKM di Kuta Selatan yang juga Wakil Ketua Panitia).

Menghadirkan beberapa narasumber seperti, Ida Ayu Nyoman Candrawati, SH, MPar (Kepala Bidang Industri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Bali), Direktur Bumdes Genta Persada Desa Tibubeneng Putu Ramaditya Mardhayiska, SKom, MM, yang membina UMKM Desa Tibubeneng, dan Kadek Dwi Restu Purnama Putra, S.Ak, selaku Merchant Acquisition Lead Bali & Nusra-Grabfood, termasuk Isnaini Yunus (pelaku UMKM), dan Gusti Agung Ngurah Darma Suyasa (Pembimbing UMKM di wilsyah Kuta Selatan).

Melalui kegiatan ini diharapkan kepada para UMKM Desa Tibubeneng mampu memasarkan secara luas semua produk ke seluruh wilayan Bali dan nasional juga masuk dalam E-catalogue Dinas Pariwisata Bali dan Kemenparekraf, serta dapat mempromosikan produk UMKM tersebut, baik offline ataupun online. Mengerti dengan benar arah tujuan dan etika dalam berwirausaha, mampu mengelola modal, memiliki kebijakan strategis untuk melakukan “counter effect, serta selalu berfikir kreatif dalam membuat terobosan dan “business and marketing plan”. (oko)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *