Memeriahkan HUT RI Ke-79, PHBN Desa Karanggeger Gelar Lomba Tarik Tambang

Daerah Hiburan & Musik Nasional Olahraga Politik & Pemerintahan

Katajatim – Probolinggo – Peringatan Hari Besar Nasional (PHBN) Desa Karanggeger, Kecamatan Pajarakan mengadakan serangkaian kegiatan tasyakuran dan lomba untuk memeriahkan  HUT kemerdekaan  republik Indonesia yang ke-79 diantaranya, tasyakuran malam 17 agustus, lomba tarik tambang, lomba lantunan sholawat nabi, lomba kebersihan dan malam penutupan HUT RI ke-79.

Lomba tarik tambang di mulai pada tanggal 06 Agustus 2024 (malam), dihadiri camat Pajarakan, Sudarmono ST. MM, Kapolsek pajarakan, Iptu Eko Purwadi, danramil Pajarakan, Kpt Arh Ari Bonanto, rerta seluruh kepala Desa se-Kecamatan Pajarakan, dan khusus malam pembukaan ini setiap kepala Desa membawa peserta tarik tambang.

Hadiah lomba tarik tambang, untuk dewasa juara 1 Rp. 2000.000, juara 2. Rp. 1500.000, juara 3 Rp. 1000.000, dan juara 4 Rp. 500.000,  sedangkan untuk remaja,  juara 1 Rp. 1.500.000, juara 2 Rp. 1000.000, juara 3 Rp. 750.000, dan juara 4 Rp. 400.000.

Kepala Desa Karanggeger, Bawon Santoso mengatakan, “Bahwa lomba tarik tambang adalah tradisi bagi Masyatakat Desa Karanggeger, dan lomba tarik tambang diadakan oleh PHBN guna untuk memeriahkan hari ulang tahun kemerdekaan republik indonesia yang ke-79,”ucapnya.

“Ini kegiatan PHBN (Peringatan Hari Besar nasional) baru malam ini di mulai, mungkin berlangsunng sekitar 20 hari kedepan.  Untuk Desa Karanggeger ini kita adakan lomba tarik tambang, karena tarik tambang ini  adalah lomba tradisional yang selalu di adakan di Desa Karanggeger, untuk peserta lomba saya berusaha mengundang antar Desa di wilayah Kecamatan Pajarakan,” ucap kepala Desa Karanggeger. 

 Masih kata kepala Desa, “Untuk tahun ini kita adakan 2 katagori, kategori remaja usia 20 dan dewasa, untuk usia 20 kebawah kita timbang dulu dengan berat 55, dan untuk dewasa 55 ke atas. Untuk Desa Karanggeger sendiri ada 17 RT, dan setiap RT bebas bisa dua tim atau tiga tim. Karena disini sangat semarak peminat lomba tarik tambang. Lomba tarik tambang ini rutin kita adakan setiap tahun, dan tarik tambang ini adalah salah satu tradisi masyarakat Desa Karanggeger.  “Pungkasnya. 

Salah satu penonton lomba tarik Tambang, Halima merasa senang dan bangga dengan adanya lomba tersebut, ” Saya sangat senang dengan adanya lomba tarik tambang, lomba ini bisa di bilang favorit saya da n masyatakat Desa Karanggeger. Ini buktinya, penonton membludak dan sangat antusias untuk menyaksikan jalannya perlombaan. Untuk peserta yang mendaftar sepertinya sudah banyak. “Pungkasnya. (Tim)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *