Inovasi Pemkot Surabaya, Menarik Minat PT PLN dan Universitas Andalas Pelajari Command Centre

Daerah Politik & Pemerintahan Teknologi Trending Now

KataJatim.com – Berbagai inovasi yang telah dilakukan Pemerintah Kota Surabaya telah menarik banyak minat berbagai pihak untuk datang dan berkunjung. Kali ini giliran rombongan dari PT. Perusahaan Listrik Negara (PLN) dan rombongan dari Universitas Andalas yang mengunjungi Kota Surabaya, Jumat (30/8).

Bertempat di Ruang Rapat Dinkominfo, seluruh rombongan diterima secara langsung oleh Cahyo Utomo, Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surabaya. Dalam sambutannya, Cahyo mengucapkan selamat datang kepada para rombongan, serta menjelaskan profil singkat Kota Surabaya.

Sementara itu, Ketua rombongan PT. PLN Tisna Gunawan menyampaikan tujuan kunjungannya kali ini yaitu untuk mendapatkan gambaran mengenai Command Center di Surabaya, bagaimana pemanfaatannya, penyediaan sarana dan prasarana, pengelolaan personil serta management pengelolaannya. 

Senada dengan hal tersebut, Nursyam Kasubag Data Bagian Perencanaan BPPK Universitas Andalas menyampaikan pihaknya juga ingin mengetahui lebih banyak mengenai penyatuan penyajian data yang tersedia, proses penerimaan pengaduan serta penanganan keluhannya. 

Cahyo Utomo menjelaskan, Command Center 112 ini dibuat atas keinginan Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini agar layanan pengaduan dari masyarakat dapat direspon secara cepat dan maksimal yang siap siaga 24 jam secara tepusat. Dari keinginan tersebut, maka muncullah inovasi nomor tanggap darurat 112 ini.

Lebih lanjut, Cahyo menjelaskan Command Center merupakan Integrasi pelayanan lintas sektor diantaranya, DP5A, DKRTH, DPUBM, LINMAS, SATPOL PP, DISHUB, DINSOS, PMK serta dibantu oleh Kepolisian. Melalui nomor 112 ini, masyarakat dapat melaporkan jika terjadi keadaan darurat maupun bencana atau jika membutuhkan bantuan. 

“contohnya jika terjadi kebakaran, yang datang ke lokasi kejadian tidak hanya petugas dari PMK untuk memadamkan api, namun PDAM dan DKRTH juga akan kelokasi kebakaran untuk menyediakan mobil tangki yang akan mengambil air di sekitar lokasi kebakaran. Dispenduk Capil juga akan datang ke lokasi kebakaran untuk mendata kependudukan korban. Dinsos juga akan datang untuk memberikan kebutuhan logistik bagi korban jadi ada integrasi antara satu OPD dengan lainnya” Jelas Cahyo.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *