Warga Australia Tewas Terseret Ombak di Pantai Balian Tabanan

Daerah Peristiwa Trending Now

Laidley Craig Stewart (56), seorang warga Australia yang terseret Pantai Balian Tabanan akhirnya ditemukan dalam kondisi meninggal dunia, Jumat, 18 Oktober 2024.

Korban Stewart ditemukan oleh warga setempat dalam keadaan sudah terdampar di Pantai Screet Bay atau sekitar satu kilometer dari lokasi terseretnya korban kemudian dievakuasi tim Basarnas di lokasi kejadian.

Korban sebelumnya terseret ombak di Pantai Balian pada hari  Rabu, 16 Oktober 2024 saat kondisi perairan cukup ekstrim di lokasi hingga menyulitkan penemuan korban oleh Tim SAR.  

Selama operasi SAR berlangsung turut melibatkan unsur SAR dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar, Polsek Selemadeg Barat, Polair Res Tabanan, Puskesmas Keliling Selemadeg Barat, Bhuana Bali Rescue  dan masyarakat setempat.

Kasi Humas Polres Tabanan Iptu I Gusti Made Berata saat dikonfirmasi wartawan membenarkan terkait kejadian tersebut. Laporan hanyut dan hilangnya wisatawan Australia tersebut diterima pihak kepolisian hari Rabu kemarin sekitar pukul 17.00 Wita “Laporan kami terima kemarin sore sekitar pukul 17.00 Wita,” katanya, Kamis (16/10/2024).

Seizin Kapolres Tabanan, Kasi Humas Iptu I Gusti Made Berata menuturkan, begitu menerima laporan pihak kepolisian langsung turun ke lapangan untuk melakukan olah TKP dan mengumpulkan informasi dari sejumlah saksi, Disebutkan, berdasarkan informasi dari saksi I yakni Micro Stalla (29) wisatawan dari Jerman saat itu sedang mandi dan berenang di Pantai Pengasahan sekitar pukul 16.00 Wita. sekira 15 menit kemudian saksi ini hampir tenggelam dan terseret ombak, Kemudian saksi 1 langsung berteriak meminta pertolongan.

Disaat yang sama korban sedang berjalan-jalan disekitar TKP mendengar teriakan saksi 1 dan langsung berusaha berenang untuk menyelamatkan saksi 1. saat saksi 1 sudah berhasil diselamatkan namun korban malah terbawa arus saat berusaha menyelamatkan saksi 1. “Diduga korban hilang tenggelam terseret arus saat berusaha menyelamatkan saksi 1,” katanya.

Disebutkan, korban merupakan wisatawan dari Australia yang tengah berlibur di Bali dan menginap di Villa Istana Balian Banajar Dinas Pengasahan, Desa Lalanglinggah, Kecamatan Selemadeg Barat, Tabanan.Sementara saksi 1 wisatawan dari Jerman yang menginap di Unit space village, Jalan Pantai Nyanyi No.88, Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Tabanan.

Menurut Kasi Humas Iptu I Gusti Made Berata terkait kejadian hilangnya wisatawan Australia yang hanyut di pantai Pengasahan ini pihaknya telah menghubungi BPBD Tabanan dan Sat Polairud Polres Tabanan serta Basarnas untuk bersama-sama melakukan pencarian terhadap korban. “Pencarian akhirnya berhasil dengan ditemukan meninggalnya si korban,” pungkasnya, rs


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *